Rabu, 13 November 2013

fMENGHITUNG KEBUTUHAN KAWAT LAS DAN MENGHITUNG BIAYA LAS PER KG

MENGHITUNG BERAT LOGAM LAS PER METER

Untuk Menghitung Berat Logam Las persatuan panjang ( Meter ) yang perlu kita
ketahui adalah :
1.  Luas area ( A )
2.  Panjang Las ( L )
3.  Tebal Logam Las (T )
Untuk kasus pada gambar diatas, maka kita dapat hitung :
Luas Permukaan ( A ) = ½ x 8 x 8 mm = 32 mm³
Volume Las utk 1 meter panjang las ( V ) = A x L = 32 mm x 1000 mm = 32.000 mm³= 32 cm³
Jadi, Jika Berat Jenis Mild Steel = 7,85gr/cm³, Maka Berat Logam Las untuk 1 meter = 32 x 7,85 = 251,2 gram= 0,251Kg/Mtr.

Cara hitung ini berlaku untuk bentuk– bentuk sambungan seperti : U type, Double V type atau butt joint tanpa groove. Hitungan diatas berlaku untuk sambungan tanpa Reinforcement. Jika ada Reinforcement, maka jumlah kawat las ditambah sekitar 3%.

MENGHITUNG KEBUTUHAN KAWAT LAS 

Untuk menghitung kawat las yang diperlukan digunakan rumus : 

G ( Jumlah Kawat Las ) = GL x P / DE 

GL = Berat Logam Las per Satuan Panjang ( Meter )
P = Jumlah Panjang Sambungan Las
DE = Deposition Efficiency

Apa sih Deposition Efficiency itu ??????
Deposition Effisiensi adalah perbandingan antara Jumlah Logam Las yang dihasilkan dengan Jumlah kawat las yang dipakai dan dinyatakan dalam persen.

DE =  Berat Logam Las ( Weld Metal ) / Berat Kawat Lasyang dipakai ( Electrode Used )

Biasanya, data Deposition Efficiency ini dikeluarkan oleh masing-masing perusahaan pembuat kawat las,namun secara rata-rata nilai rata-rata ( Average Value ) Deposition Efficiency untuk masing-masing proses pengelasan adalah sebagai berikut :





Jika kita kembalikan ke kasus diatas, Berat Logam Las per Meter adalah : 0,251 Kg/Meter Panjang las nya = 1000 m Jumlah Logam las = 0,251 x 1000 = 251 Kg. Jumlah kawat las yang harus dipesan sesuai dengan proses pengelasan yang dipakai adalah sebagai berikut :





MENGHITUNG BIAYA PENGELASAN PER KG LOGAM LAS
Untuk menghitung biaya pengelasan per kg logam las (weld metal), beberapa data yang perlu kita ketahui adalah :
1.  Biaya Pegawai dan Overhead per jam
Pada umumnya klien tidak mempunyai data ini yang akurat dan detail, namun biasanya mereka mempunyai data dengan nilai “Kira-kira”. Untuk sementara data “kira-kira” bisa kita pakai untuk menghitung.
2.  Deposition Rate ( Kg/Jam )
Yang dimaksud dengan “Deposition Rate” adalah berat logam las yang dapat dihasilkan dalam satuan waktu ( Jam ). Biasanya masing-masing manufacturer mempunyai data Deposition Rate produknya untuk setiap type.
3.  Operating Factor ( % )
Yang dimaksud dengan “Operating Factor” adalah persentasi dari jumlah jam kerja seorang welder untuk pekerjaan las. Maksudnya, jika total jam kerja seorang welder 8 jam perhari, dan welder tersebut bekerja menyalakan api las selama 2 jam, maka Operating Factor dari welder tersebut adalah 2/8 x 100% = 25%.
Dari hasil pengalaman, biasanya nilai operating factor untuk SMAW = 30%, GMAW dan FCAW (manual) = 45% dan untuk GMAW dan FCAW (automatic) = 75%.
4.  Harga Kawat Las Per Kg
5.  Deposition Efficiency ( % )
6.  Gas Flow Rate ( Ltr/min )
Untuk GMAW ( Solid Wire ) dan FCAW diameter = 16 Ltr/Min.
7.  Harga Gas per liternya

RUMUS MENGHITUNG BIAYA PENGELASAN PER KG LOGAM LAS
Kita ambil contoh kasus :
Sebuah perusahaan kontraktor ingin melakukan pekerjaan pengelasan menggunakan proses SMAW dengan kawat las AWS E.7018 diameter 3,2 mm dengan harga Rp. 12.500,- per Kg. Jika diketahui, Biaya pegawai dan overhead perusahaan per jamnya Rp. 40.000,- => Berapa biaya pengelasan per kg logam lasnya ?

 

Jawab :
Dari tabel bisa kita ketahui bahwauntuk pengelasan E.7018 diameter 3,2 mm, jika digunakan ampere sebesar 120 Amps, maka nilai Deposition ratenya adalah 1,2 Kg/jam dengan Deposition Efficiency : 62% dan Operating factor = 30%. Dengan menggunakan Rumus diatas, maka didapat :

Biaya Pegawai dan Overhead= 40.000 / 1,2 x 0,3 = Rp. 111.000,-
Biaya Kawat Las  =  12.500 / 0,62 = Rp. 20.160,-
Total Biaya Pengelasan per kg logam las= Rp. 131.160,-

Rumus perhitungan diatas bisa juga anda aplikasikan jika pengelasan dilakukan dengan GMAW, FCAW ataupun SAW.  Demikian, semoga bermanfaat bagi anda
 

0 komentar:

Poskan Komentar