Rabu, 10 Agustus 2011

Teknologi Vacum primer

Vacum prime digunakan untuk menangani cairan atau udara dengan mudah. fungsinya sama dengan kompresor yaitu sebagai penghisap cairan atau udara. Tentunya ada hubunganya dengan kapasitas dong. Misal neh vacum prime dengan kapasitas 50 cfm artinya setiap 1 menit vacum akan mengeringkan udara sebesar 50 feet kubik. nah berarti ada hubunganya antara volume per satuan waktu.
Biasanya industrial vacum primer merancang desain konstruksinya sehingga berfungsi sesuai harapan. pada gambar disamping vacum primer digunakan pada pompa sentrifugal untuk mencegah ketika terjadi lossprime atau tidak adanya fluida cair yang masuk pompa masih dalam kondisi aman dan juga dengan adanya vacum primer tidak perlu memancing pada saat start awal penyalaan pompa.

Contoh cara kerja vacum primer :


Diaphragm vacum primer akan menciptakan vacum ketika suction hisap  pada pompa

Udara akan tergantikan oleh air yang bergerak naik dari pipa hisap
 

Air akan menutup katup pada chamber priming menggunakan ball valve ketika katup tertutup pada saat itulah vacum prime mati secara otomatis. Konstruksi yang ditawarkan sangatlah unik, pengontrolan vacum prime dengan memanfaatkan bola untuk menutup sebuah katup.

Kondisi pompa prima dan operasi dilanjutkan dengan aliran air penuh. ini yang disebutkan diatas tidak perlu memancing air. 


Teknologi seperti ini saya jumpai pada pompa merk CORNELL buatan AMERIKA.
 













0 komentar:

Poskan Komentar